Logo

News & Events

Tips dan Trik Melamar Pekerjaan

Tips dan Trik Melamar Pekerjaan

1. Surat lamaran kerja
Lampirkan surat lamaran kerja ketika mengajukan lamaran (walaupun dikirimkan via email, pastikan diketik pada badan email atau disatukan dengan CV). Hindari copy paste, jadilah diri kamu sendiri namun pastikan konten kata-kata yang santun.

2. Pastikan informasi pada CV lengkap
Nama, foto terbaru, nomor telepon, tempat dan tanggal lahir, alamat domisili saat ini, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, gambaran job desc, keterampilan yang dikuasai (contoh: bahasa, komputer, dsb), hobi/kegemaran.

3. Lengkapi dokumen lamaran kerja
Biasanya HRD akan meminta pelamar untuk membawa kelengkapan berkas lamaran. Pastikan kamu melengkapi dan membawa semua ketentuan tersebut. Tapi hati-hati apabila ada embel-embel meminta biaya administrasi atau rekrutmen, kemungkinan besar adalah penipuan. SCS Group tidak pernah meminta bayaran apapun selama proses perekrutan karyawan.

4. Fokus, rapi dan sopan
Proses seleksi di setiap perusahaan berbeda-beda dan biasanya tidak diberitahu apa saja proses yang akan kamu jalani. Apapun kegiatan proses seleksi tersebut, (1) usahakan kondisi mental dan fisik kamu dalam keadaan fit karena ini faktor penting untuk menjaga konsentrasi. Kedua, perhatikan baik-baik instruksi tester atau pertanyaan interviewer dan hindari mengangkat telepon di tengah-tengah kegiatan tersebut.
Kesan pertama cukup memberikan peran besar pertimbangan HRD melanjutkan proses lamaran kamu. Darimana kesan pertama itu didapat? Penampilan dan kesantunan bersikap. (3) Anggap saja kamu lagi naksir seseorang dan pdkt, biasanya yang ditunjukkan baik-baik nya dari kamu dan kamu akan berusaha berpenampilan sebaik mungkin kan? Nah kurang lebih mirip seperti lamaran kerja, bedanya bahasa dan sikap yang kamu gunakan bersifat formal.

5. Jadilah diri sendiri
Banyak pelamar yang takut lamarannya ditolak sehingga tidak menjadi diri sendiri. Akhirnya, penggunaan kata-kata klise, bersifat hafalan dan terlalu teoretis yang kamu gunakan untuk meyakinkan interviewer. Mungkin kamu akan diterima oleh perusahaan tersebut, tapi biasanya kamu yang tidak betah di perusahaan tersebut. Kenapa? Karena memiliki profesi yang bertolak belakang dengan kepribadian dan minat kamu akan membuat kamu cepat stress dan kalau jangka panjang burnout. Alhasil performa kerja menurun dan kamu pun tidak happy. Jadi, ada baiknya tentukan dari awal 5-10 tahun ke depan profesi apa yang ingin kamu jalani? Sesuaikah dengan minat dan kepribadian kamu?

Realitanya, banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion-nya atau biasa-biasa saja karena sudah bisa menafkahi keluarga saja sudah bagus. Kalau kamu masuk ke dalam golongan “realita” ada baiknya bersabar, tetap fleksibel dan turunkan idealisme diri kamu hingga suatu hari kamu memiliki profesi/pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Jadi, putuskan baik-baik langkah karir kamu ya jobseekers.
Sekian tips dan trik yang saya berikan, semoga bisa membantu jobseekers untuk mencapai karir impian. Ayo kunjungi career SCS Group untuk temukan karir impian kamu!

Best Regards,
Anita Caroline
Sr. HR Recruiter

Latest News & Events

Tips dan Trik Melamar PekerjaanTips dan Trik Melamar Pekerjaan
1. Surat lamaran kerja
Lampirkan surat lamaran kerja ketika mengajukan lamaran (walaupun dikirimkan via email, pastikan diketik pada badan email atau disatukan dengan CV).
Read More >
NONTON BARENGNONTON BARENG
Acara nonton bareng "Fast & Furious 8" ...
Read More >